MEDIA PEMBELAJARAN
LAPORAN
RPP MEDIA
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata
kuliah Media Pembelajaran Teknik
Otomotif pada semester genap.

Disusun oleh:
PIPIT ABDUL FATAH (1206451)
WILLY PRASTIYO (1203175)
M. JOMKA EKA S (1203794)
WILMAN AGUSTIA (1104077)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS
PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMKNegeri 6 Bandung
Paket Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran : Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Memahami
Cara Merawat Berkala Sistem Rem Sepeda Motor
Alokasiwaktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)& Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Lingkungan hidup dan sumber
daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan
kelangsungan hidupnya.
1.2.
Meyakini bahwa lingkungan alam sebagai anugerah Tuhan harus dijaga kelestariannya oleh
karena itu sebuah teknologi diciptakan tidak boleh menimbulkan kerusakan bagi
alam dan merugikan manusia
|
2. Menegembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cintadamai, responsive dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
menginterpretasikan pengertian perawatan berkala peredam kejut, roda dan
system rem
2.2
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam
mengikuti langkah-langkah perawatan berkala peredam kejut, roda dan system
rem sesuai dengan SOP
2.3
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui
kegiatan yang berhubungan dengan perawatan dan perbaikan sasis.
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami cara merawat berkala peredam kejut sepeda motor sesuai SOP
3.2
Memahami cara merawat berkala roda sepeda motor sesuai SOP
3.3
Memahami cara
merawat berkala sistem rem sepeda motor sesuai SOP
3.4
Memahami
komponen peredam kejut sesuai SOP
3.5
Mengidentifikasi roda sesuai SOP
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1
Merawat berkala peredam kejutsepeda motor
4.2
Merawat berkala roda sepeda motor
4.3
Merawat
berkala sistem remsepeda motor
4.4
Memperbaiki mekanisme peredam kejut
4.5
Memperbaiki Roda
|
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Memahami cara
merawat berkala sistem rem sepeda motor
sesuai SOP
|
a.
Menjelaskan
fungsi umum sistem rem sepeda motor
b.
Mengklasifikasikan
jenis-jenis sistem rem sepeda motor
c.
Menyebutkan
komponen sistem rem jenis cakram pada sepeda motor
d.
Menyebutkan
komponen sistem rem jenis tromol pada sepeda motor
e.
Menjelaskan
fungsi tiap komponen sistem rem jenis cakram pada sepeda motor
f.
Menjelaskan
fungsi tiap komponen sistem rem jenis tromol pada sepeda motor
g.
Menjelaskan
konstruksi sistem rem cakram pada sepeda motor
h.
Menjelaskan
konstruksi sistem rem tromol pada sepeda motor
i.
Menjelaskan
cara kerja sistem rem cakram pada sepeda motor
j.
Menjelaskan
cara kerja sistem rem tromol pada sepeda motor
k.
Menjelaskan
cara merawat berkala sistem remsepeda motor
|
C.
Pemilihan
Media Pembelajaran